Belajar dan Bertamasya Bersama di Kebun Binatang Surabaya

Pada hari Minggu, 25 Oktober 2015, seluruh keluarga Sanggar Merah Merdeka mengadakan acara interaksi sosial ke Kebun Binatang Surabaya (KBS). Sebanyak kurang lebih 80 anak Sanggar Merah Merdeka ikut terlibat dalam kegiatan tersebut. Tepat pukul 8 pagi, rombongan berkumpul di Tales untuk mendengarkan pengarahan kakak pendamping. Anak-anak dibagi menjadi 13 kelompok, dalam satu kelompok terdiri dari 5-7 anak yang didampingi oleh 1-2 orang pendamping. Rombongan berangkat dengan angkutan umum menuju KBS. Setiap anak meluapkan rasa gembiranya dengan berbagai cara setibanya di KBS. Ada yang sudah tidak sabar untuk masuk ke dalam, ada yang sudah siap antre di pintu masuk, ada yang dengan tergesa-gesa memasang gelang tiketnya. Semua bersukacita.

Mbak Nino

Mbak Nino

Kegiatan ini tidak hanya terfokus pada kegiatan bertamasya ke kebun binatang, namun anak-anak Sanggar Merah Merdeka pun diminta mampu mengenali hewan-hewan yang ada di KBS. Mereka mulai berkeliling pada jam 9, sesuai dengan kelompok mereka masing-masing. Tidak hanya mengamati dan mengomentari tingkah polah hewan, namun mereka juga mengenali hewan tersebut dengan mengumpulkan informasinya dan menuliskan dari mana asal hewan tersebut, makanan, habitat, penyebaran, status konservasi, hingga ciri-ciri khas lain yang ada pada hewan yang mereka amati. Namun, bagi adik-adik Sanggar Merah Merdeka yang masih pada usia prasekolah dan TK, setelah diajak berkeliling mengamati setiap hewan yang mereka Iihat, mereka mewarnai gambar yang berkaitan dengan hewan yang ada di KBS.

bonbin1

Tepat pukul 11, mereka kembali ke titik temu, rombongan membuat circle time dan bernyanyi bersama sambil menunggu jam makan siang. Setelah menghabiskan makan siang, mereka merefleksikan hasil yang mereka dapatkan selama berkeliling kebun binatang. Ada yang menyebutkan hewan yang paling dia sukai, ada juga yang menyebutkan hewan yang mereka anggap lucu dan menggemaskan. Tidak hanya berhenti di situ, seusai sharing, mereka berbondong-bondong mengumpulkan sampah yang tercecer untuk dimasukkan ke dalam plastik sampah. Semua bergerak dengan sigap dan semangat. Kegiatan yang ditanggungjawabi oleh Romo Suparno, CM. ini tidak hanya memfasilitasi anak-anak Sanggar Merah Merdeka untuk dapat berinteraksi dengan sesama manusia, namun juga membekali pengetahuan anak-anak Sanggar Merah Merdeka terhadap hewan-hewan, baik yang dilindungi maupun yang beresiko rendah untuk terancam punah.

oleh Nino