Cerita Seputar Makan Minum Sehat

Bukan pertama kali saya mampir dan main-main di sanggar, tapi ini pertama kalinya buat saya ikutan mami sehat. Acara mami sehat adalah acara makan minum sehat tiap minggu pertama dan ketiga, dimana anak-anak diajak untuk belanja di pasar dan memasak secara bergantian.

Fifin sedang belajar membatik di sanggar

Datang pk.08:00 pagi di hari Minggu itu, sanggar sudah riuh ramai dengan celoteh anak-anak. Mas Joe (Joelodong) sempat cerita, pagi-pagi buta, anak-anak sudah datang ke sanggar dengan semangat. Mereka ingin segera pergi belanja rupanya. Saat saya datang, kelompok memasak sudah duduk bergerombol mengupas dan merajang semua sayur dan bumbu-bumbu. Senang sekali melihat mereka bisa bebas beraktivitas seperti itu, meski terdengar kegaduhan di sana-sini.

Hari itu, giliran para relawan yang memasak, sayangnya cuma Mas Heru dan Mas Joe yang standby dengan manisnya di sanggar, sementara yang lain sedang berhalangan hadir. Jadi saya pengin bantu-bantu di sana. Menu hari itu adalah ayam kecap dan sayur sup. Semua seperti berebutan ingin memasak. Saya sempat khawatir akan hasil masakannya, tapi ternyata tidak mengecewakan. Anak-anak malah makan dengan lahapnya sampai Mas Heru, Mas Joe dan saya akhirnya tidak kebagian. Tetap saja pengalaman pertama saya ini menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan bersama anak-anak.

Sebenarnya kita tidak perlu khawatir dengan hasil akhir asal kita menikmati prosesnya, pasti hasil akhir mengikuti yang terbaik pula.

oleh Fifin Maidarina