“Isilah Hidup Dengan Pengalaman Yang Bermanfaat”

Sederhana tapi berkesan itulah yang ada dibenakku saat seseorang bertanya  bagaimana pendapatmu ketika ikut serta dalam kegiatan Sanggar Merah Merdeka. Bagi beberapa orang mungkin tidak ada gunanya kamu mengikuti kegiatan disana kamu tidak mendapatkan materi finansial berupa upah serta tidak ada hal mewah yang bisa kamu pamerkan kepada orang lain. Terkadang untuk meneguhkan keyakinanmu kamu harus menjadi orang yang memiliki telinga tertutup headphone dengan lirik lagu niatan dari dirimu untuk tetap bertahan dalam kekayinanmu itu. Bukan hal – hal mengenai finansial yang aku cari dan bukan tentang memamerkan pengalaman – pengalaman mewah seperti pergi ke luar negeri kemudian menjajahi tempat – tempat populernya, mendapatkan barang berharga, maupun barang – barang baru yang sangat mahal harganya tetapi hanyalah pengalaman singkat dan sederhana.  Bagiku meskipun sederhana tapi itu sangat penting, bukan hanya sekedar ikut serta tapi kamu juga ditempa jadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Berproses bersama mereka sangatlah membahagiakan karena bagiku itulah saatnya aku harus melepas penatku dan berusaha menepiskan segala permasalahan dan berusaha enjoy dengan kebahagiaanku yang sangat berkesan meskipun singkat. Mungkin bagi anak – anak muda sepertiku hal itu sangat menyita waktuku untuk mengikuti aneka tren yang sedang ada hal yang tidak ada manfaatnya, harusnya pergi ke tempat tempat kekinian lalu bersenang – senang tapi malah berkegiatan di sana. Hal – hal seperti itu yang menjadi hambatanku sejauh ini tapi kembali lagi ke niatku untuk selagi masih muda isilah dengan pengalaman yang bermanfaat untuk bekal kehidupan nanti, pengalaman – pengalaman itulah menjadi bahan refleksi tersendiri buatku atas berbagai macam keluhan yang pernah aku lontarkan dalam hidup.

Bukan orang asing yang harus menutup diri tapi bagiku ditempat ini kita adalah keluarga karena satu sama lain saling mendukung tidak ada yang saling menjatuhkan, semua saling bekerja sama untuk mencapai target atau tujuan yang sama, bahagia bersama, ribet ya ribet bareng, menghargai satu sama lain, kompak dan pantang menyerah. Hal – hal itulah yang membuat perasaan nyaman dan betah untuk disana. Belajar tidaklah selalu berada di sekolah memperhatikan guru yang sedang mengajar tetapi belajar dapat juga dilakukan di luar area sekolah dan bersama dengan orang – orang disekitar kita.

 

By fania