Raker YKBS

Tak terasa sudah masuk di bulan September Ceria ya. Karena sudah mendekati akhir tahun, YKBS atau Yayasan Kasih Bangsa Surabaya yang menaungi Sanggar Merah Merdeka melakukan raker alias rapat kerja. Rapat kerja yang dilakukan di Prigen pada tanggal 6-9 September 2012 ini diikuti oleh seluruh pengurus tetap serta beberapa relawan yang bekerja bersama di YKBS. Yayasan terdiri dari 4 divisi yaitu Sanggar Merah Merdeka, Wadas (Wadah Asah Solidaritas) yang bergerak di perburuhan, SRK (Solidaritas Relawan Kemanusiaan) yang bergerak saat ada bencana, dan PPS (Pusat Pengembangan Spiritualitas) yang menyiapkan training-training untuk pengembangan spiritualitas.

Para relawan sanggar bersama relawan-relawan lain dari YKBS sedang serius dalam rapat kerja 2012

Pembukaan Raker dimulai tepat pada pukul 10.00 WIB dengan agenda melihat progam kerja tahun 2012 sudah terpenuhi atau belum, melihat indikator yang ada sudah dicapai atau belum, dan tidak lupa menyusun program kerja untuk tahun 2013. Yang pertama dilakukan oleh masing-masing divisi adalah melakukan evaluasi yang sudah dilakukan selama tahun 2012 ini. Sanggar Merah Merdeka pun tidak lupa mulai melihat lagi program kerja tahun 2012. Kami pun sangat takjub, ternyata banyak hal yang sudah dilewati. Mulai dari pendampingan belajar anak-anak saat di sanggar, pengembangan minat dan bakat anak, MaMi (Makan Minum) sehat, olahraga bersama, perayaan hari-hari nasional, kunjungan ke orang tua dan sekolah, dan masih banyak hal lain yang kami lakukan dengan anak-anak sudah berjalan dengan baik.

Ada beberapa hal yang yang menjadi catatan kami tahun ini dan dengan komitmen yang kuat akan kami perbaiki di tahun mendatang. Program kerja 2013 dari Sanggar Merah Merdeka ada 4 hal yaitu Penanaman kesadaran akan pentingnya pendidikan dan wajib belajar kepada anak dan orang tua, Pendidikan Alternatif yang membangun karakter kemandirian anak, Membangun jaringan guna mengembangkan relasi untuk menambah wawasan dan mendukung kegiatan sanggar, Mengumpulkan data untuk mempermudah menganalisis dan menemukan kebutuhan. Dengan indikator baru yang sudah kami pikirkan masak-masak dan tentu saja kami akan berusaha memenuhinya.

Semoga semua evaluasi yang ada di tahun 2012 ini membuat kami semakin semangat untuk melayani sesama kami di sanggar dengan lebih baik. Terima kasih atas bantuan semua pihak yang terkait di Sanggar Merah Merdeka ini dan tidak lupa mohon bantuan serta doa dari semuanya agar apa yang kami rencanakan di tahun 2013 dapat berjalan dengan lancar. Merdeka!

oleh Hilda Yunita