Refleksi Keterlibatan di Sanggar Merah Merdeka

Dalam proses turun lapangan hingga pelaksanaan pelatihan selama hampir tiga bulan ini membuat saya mendapatkan banyak sekali pengalaman yang berharga. Selama tiga bulan, setiap hari Senin dan Rabu saya dengan rekan saya datang ke Sanggar Merah Merdeka untuk ikut terlibat dalam kegiatan anak – anak, seperti belajar, bermain dan lain – lain. Walaupun saya dengan rekan saya merupakan orang baru yang datang di sanggar, selama disana saya dan rekan kelompok saya sangat diterima dan di bantu dalam proses pengambilan data. Para relawan sangat terbuka untuk membagikan informasi – informasi yang kita butuhkan mengenai sanggar. Selain itu, para relawan pun sangat membantu dalam proses pendekatan saya dengan anak – anak di sanggar. Hingga saat proses pelatihan pun bisa berjalan dengan lancar.

 

Selain itu, adik – adik yang mengikuti kegiatan sanggar pun sangat menyenangkan. Mereka pun dengan mudah menerima orang baru sehingga saya pun tidak mengalami kesulitan ketika melakukan pendekatan dengan anak – anak. Menurut sayapun, anak – anak di sanggar tergolong anak – anak yang cerdas. Mereka memiliki semangat untuk belajar dan memiliki keinginan untuk mencari tahu ketika tidak mengetahui sesuatu. Selain itu, ketika anak – anak diberikan beberapa soal, mereka pun mampu mengerjakan hingga selesai.

 

Berdasarkan apa yang telah saya terima selama tiga bulan tersebut, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Romo, Mas Heru, Mbak Lufita, Firda dan relawan – relawan lainnya yang belum saya sebutkan. Saya mengucapkan terima kasih karena selama ini saya dan rekan saya sudah diterima dengan baik di Sanggar Merah Merdeka.

Oleh : dr.Michelle Natasha (S2 Psikologi Ubaya)

Leave a Reply