Senangnya Cintai Bumi Dengan Sederhana

Apa ya yang bisa kita lakukan untuk bumi kita yang besar? Banyak…salah satunya bisa dimulai dengan kegiatan sederhana di lingkungan tempat tinggal kita.

di depan posyandu

di depan posyandu

Kami, relawan dan anggota Sanggar Merah Merdeka bersama karang taruna dan BEM UPN, hari Minggu lalu (4/5) membuat acara sederhana untuk memperingati Hari Bumi sekaligus Hari Pendidikan Nasional. Mulai pukul 7 pagi, semua sudah berkumpul dan bersiap-siap. Termasuk media tanam, tanah, sekam, dan tidak ketinggalan, bibit tanaman juga siap untuk ditanam.

Ramai-ramai menanam...

Ramai-ramai menanam…

Sebelum mulai menanam, adik-adik sanggar yang juga warga setempat, berkumpul di dalam posyandu untuk mendapatkan pengarahan dari perwakilan karang taruna.

“Hayo, ada yang ngerti ngga, apa itu hari bumi?”

Beberapa anak menjawab bersahutan. Informasi tentang hari bumi kemudian diberikan kepada adik-adik sanggar. Kegiatan ini juga untuk mengajarkan kepada generasi muda dan anak-anak untuk mencintai dan menjaga kelestarian bumi.

Setelah dibagi kelompok dan diarahkan teknisnya, adik-adik sanggar langsung mengambil kaleng cat bekas atau benda lainnya yang mereka bawa dari rumah untuk dijadikan media penanaman. Tanah yang dibagi di beberapa lokasi menjadi serbuan adik-adik yang antusias.

“Mbak, potku isien mbak…”, celetuk Vina salah satu peserta penanaman bibit.

Yo diisi dewe to…”, jawab seorang kakak relawan.

Karena bibit yang ditanam cukup banyak, 1 peserta bisa menanam beberapa bibit sekaligus. Setelah dipindah ke media tanam lain, tanaman kemudian disiram dengan air secukupnya.

Pak RT ikut menanam...

Pak RT ikut menanam…

Eiiiits, pak RT juga ngga mau kalah loh. Pak RT ikut terlibat juga untuk publikasi ke warga dan menanam bibit bersama yang lain.

Sekitar pukul 10, semua bibit sudah ditanam. Adik-adik kembali mendapatkan pengarahan untuk merawat tanaman mereka. Beberapa anak membawa pulang 1 hingga 2 bibit untuk dirawat di rumah. Yang terlihat senyum bahagia mereka bisa membawa bibit yang mereka tanam sendiri.

Dan akhirnya, acara diakhiri dengan foto bersama dan tentu saja, bersih-bersih posyandu yang kotor karena tanah dan air dari pot tanaman. Ternyata kegiatan cintai bumi yang sederhana ini bisa begitu menyenangkan. Semoga bibit yang ditanam diiringi cinta adik-adik sanggar untuk tetap dan terus cintai bumi….

Selamat Hari Bumi.… Selamat belajar hal baik di Hari Pendidikan Nasional.

oleh Rosa