“What Do You Do?” – “ We Are Studying.”

Waktu itu hari Kamis, 12 Oktober 2017, seperti biasa, saya berencana ke sanggar untuk belajar bersama dengan anak-anak Kampung Tales. Beberapa minggu ini, saya mencoba aktif kembali menjadi relawan di Sanggar. Tiba di Kampung Tales, saya mengamati lagi satu per satu kegiatan yang para relawan ajarkan. Kegiatan Sanggar sekarang sudah jauh berbeda dengan kegiatan sebelumnya. Kini sudah sesuai dengan jenjang dan tersistem. Sangat senang melihat perkembangan pembelajaran Sanggar yang sekarang.

 

Kemudian, saya memilih untuk bergabung dengan mas Rowi dan Mita untuk mengajar anak-anak kelas 3-4 SD. Karena saya pikir, anak-anaknnya lebih banyak dibanding kelompok lain. Saat itu kurang lebih 7 orang, dan hanya di dampingi Mas Rowi dan Mita. Di menit-menit awal, karena saya dating sedikit terlambat, saya masih memperhatikan mas Rowi mengajar beberapa anak kelas 4 tentang Profesi dalam bahasa Inggris. Mereka terlihat sangat antusias dan minta di beri soal lagi dan lagi.

 

Long story short, ada salah satu anak yang meminta soal matematika tentang FPB dan FPK kepada saya. Berhubung saya tidak begitu ahli matematika, saya menyerahkan anak tersebut kepada Mita. Jadi, dalam satu ruangan tersebut, terbagi lagi dalam dua kelompok. Yang bersama Mas Rowi belajar bahasa Inggris, yang bersama Mita belajar Matematika. Karena saya juga ingin berbagi ilmu dan mengajar, saya menyesuaikan tema pengajaran mas Rowi. Kelompok belajar kami pun terpecah lagi, dua anak bersama mas Rowi belajar bahasa Arab. Saya pun memutuskan untuk mencari sebuah lagu yang sesuai dengan temaProfesi. Lagu tersebut dalam bahasa Inggris. Saya mengajari mereka bait per bait. Mereka bertanya arti dari bait tersebut, saya pun menjelaskan artinya dan mengajari mereka bagaimana mengucapkannya dalam bahasa Inggris dengan tepat. Berikut adalah lirik lagu yang saya ajarkan.

 

What do you do? I’m a teacher.

Everybody say your ABC!

What do you do? I’m a doctor.

Everybody listen to your heartbeat!

What do you do? I’m a dentist.

Everybody brush, brush, brush your teeth!

What do you do? I’m a carpenter.

Everybody bang your hammer!

What do you do? I’m a pilot.

Everybody fly a big, big plane!

 

Kelompok bernyanyi kami yang berjumlah awalnya 3 orang pun bertambah. Kami menyanyikan lagu ini berulang-ulang karena mereka sangat antu sias. Bahkan ketika jam sudah menunjukkan pukul 20:30, mereka masih meminta saya untuk memimpin menyanyikan lagu tersebut sekali lagi. Senang sekali rasanya bias memuaskan rasa ingin tahu mereka saat itu. Dengan begitulah kami terus belajar. “what do you do?” kami tahu kami harus menjawab, “ we are studying.”

 

Oleh : Margareta Ardini “Nino”

Leave a Reply